Selasa, 15 Mei 2012

Rekomendasi tempat liburan menarik untuk long weekend Anda



Liburan panjang sudah di depan mata. Berbagai tempat liburan pasti sudah menjadi target Anda untuk bersuka ria dengan keluarga dan teman. Berikut ini adalah 4 tempat liburan panjang pilihan pembaca detikTravel.

Sejak Selasa (15/5/2012) pagi sampai tengah hari, detikTravel menjaring pendapat para pembaca tercinta. Kira-kira, kemana mereka akan pergi dalam liburan panjang 17-20 Mei 2012.

Ada banyak respons yang didapat dengan destinasi yang sangat beragam. Berikut ini adalah 4 destinasi yang paling banyak dipilih pembaca yang bisa jadi inspirasi, jika Anda belum punya rencana:

1. Yogyakarta

Kebanyakan pembaca (14%) memilih Yogyakarta untuk liburan panjang kali ini. Ini pilihan yang sempurna, mengingat Yogyakarta menyediakan segala jenis liburan yang Anda butuhkan.

Silakan menyusuri Jalan Malioboro sampai Pasar Beringharjo untuk berburu oleh-oleh. Kagumilah bangunan Kraton Ngayogyakarta, Benteng Vredeburg atau Candi Prambanan.

Jika ingin menikmati pantai, ada Parangtritis yang sudah terkenal. Atau, justru Anda ingin mencari pantai yang lebih sepi tapi mempesona. Silakan meluncur ke Pantai Baron, Pantai Sundak, Pantai Depok dan sejumlah pantai lain di Gunungkidul.

2. Pulau Karimunjawa

Nomor dua setelah Yogyakarta adalah Karimunjawa (11%) di lepas pantai Jawa Tengah. Liburan panjang memang adalah saat yang tepat untuk menikmati wisata bahari. Snorkeling atau diving cuma sehari, mana cukup. Apalagi jika tempat yang kita datangi sangat indah.

Anda bisa berenang melihat terumbu karang bersama penyu, bahkan ada kolam hiu! Di Karimunjawa pun, kita bisa menikmati pantai, berjemur dan menikmati matahari terbit atau tenggelam. Sempurna!

3. Gunung Semeru

Setelah dari pulau, destinasi favorit ketiga pembaca detikTravel untuk liburan panjang adalah Gunung Semeru (14%). "Puncak Abadi Para Dewa", demikian nama yang disematkan traveler kepada Mahameru, puncak dari Gunung Semeru yang ada di perbatasan Lumajang dan Malang, Jawa Timur.

Liburan panjang rupanya menjadi momen yang tepat untuk naik ke Gunung Semeru yang tingginya 3.676 mdpl. Pastikan Anda tidak kehilangan momen untuk melihat matahari naik saat berada di Danau Ranu Kumbolo. Damainya akan meresap jauh ke lubuk hati. Segala penat sirna detik itu juga.

4. Gunung Bromo

Ini juga gunung yang menjadi favorit pembaca untuk destinasi liburan panjang kali ini, Gunung Bromo (11%). Gunung yang masih berada dalam satu taman nasional dengan Semeru ini menawarkan pemandangan yang tidak kalah ciamik.

Menjulang setinggi 2.392 mdpl, Bromo menyajikan pemandangan surgawi. Biasanya para traveler mengincar matahari terbit di gunung ini. Mereka rela jalan sejak pagi buta dari daerah Pananjakan agar tiba di lokasi sebelum muncul sang surya.

Momen ini sangat fenomenal. Ketika surya muncul menerangi Bromo, kabut kerap bergelung di bawahnya menjadikan Bromo seperti Negeri di Atas Awan. Bromo juga punya lautan pasir yang luar biasa luasnya untuk dijelajahi.



Nah, di luar 4 destinasi ini, masih banyak tempat lain yang dipilih pembaca untuk libur panjang kali ini. Ada Bandung, Bogor, Malang, Pulau Sempu, Dieng, dll dengan prosentase yang merata. Kemanapun itu, jadikanlah liburan panjang Anda kali ini menjadi yang terbaik!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More