Jumat, 16 Maret 2012

Bunaken : Keajaiban Dunia Bawah Laut

Pernahkah Anda  membayangkan menjadi putri duyung? Berenang bersama penghuni laut, bergerak mengikuti irama ombak? Di Taman Laut Bunaken  Anda akan menemukan “putri duyung” yang sebenarnya sekaligus melihat kekayaan laut Indonesia. 

Adalah sebuah pulau seluas 8,08 km2 di Teluk Manado, yang terletak di utara Sulawesi, Indonesia. Di pulau ini terdapat Taman Laut Bunaken yang termasuk bagian dari Taman Nasional Bunaken, keindahan Taman Laut Bunaken tidak perlu diragukan lagi. Taman Nasional ini merupakan salah satu taman laut yang memiliki biodiversitas kelautan yang tertinggi di dunia.

Salah satu yang menjadi andalan di pulau Bunaken adalah selam scuba dan secara keseluruhan pulau ini memiliki luas area 75.265 hektar dengan lima pulau didalamnya antara lain: Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, Pulau Naen dan beberapa anak pulau dari Pulau Mantehage. Meskipun meliputi berbagai pulau namun kegiatan diving sangat dibatasi. Selain diperuntukan diving, wisatawan juga dapat melakukan dive spot karena di Taman Laut ini memiliki 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang bervariasi hingga 1.334 meter.
Pulau Bunaken Dari 20 titik penyelaman tersebut 12 diantaranya berada di Pulau Bunaken, dan 12 titik inilah yang menjadi pusat bagi para wisatawan pecinta keindahan taman laut. 12 Titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara sampai bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah juga terdapat Underwater Great Walls yang sering disebut dengan Hanging Walls atau dinding karang raksasa yang berdiri secara vertikal dan melengkung ke atas.

Perairan Laut Bunaken memungkinkan orang dapat dengan jelas melihat berbagai biota laut. Ada 13 jenis terumbu karang di taman laut ini yang didominasi oleh bebatuan laut. Pemandangan yang paling menarik adalah terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25-50 meter.
Manjakan mata Anda dengan 91 jenis ikan yang ada di Taman Laut Bunaken, diantaranya merupakan ikan kuda gusimi lokal (Hippocampus), koi putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), goropa (spilotocepsep hinephelus dan hypselosoma Pseudanthias), nila gasi (Scolopsis bilineatus), dan lain-lain.
Penyelam juga bisa menemukan moluska seperti kima raksasa (Tridacna gigas), ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius), dan tunikates atau askidian.
Bagi Anda yang menyukai scuba diving maka tempat ini merupakan tempat yang paling baik. Terdapat sekitar 20 titik penyelaman, dimana para penyelam akan mendapat kesempatan berenang di dasar laut dengan beragam biota laut yang menakjubkan.
Pastikan Anda megunjungi Bunaken selama waktu terbaiknya yaitu antara bulan Mei hingga Agustus. Di bulan inilah Anda bisa menjelajahi keseluruhan taman laut yang indah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More